logo hunimoa      

Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Dataran Hunimoa. Website ini dibuat sebagai sarana untuk memberikan beragam informasi khususnya yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Pengadilan Agama Dataran Hunimoa.

Selamat Datang

Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Dataran Hunimoa. Website ini dibuat sebagai sarana untuk memberikan beragam informasi khususnya yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Pengadilan Agama Dataran Hunimoa.
Selamat Datang

Program Prioritas

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama telah program kerja Tahun 2023 yang berisikan : Penguatan Integritas, Penguatan Sumber Daya Manusia, Penguatan Kelembagaan, dan Penguatan Pemanfaatan IT
Program Prioritas

Hasil Survey Pelayanan Publik Korupsi

Hasil Survey Pelayanan Publik dan Persepsi Korupsi Pengadilan Agama Dataran Hunimoa Triwulan I Tahun 2023
Hasil Survey Pelayanan Publik Korupsi

11 Aplikasi Inovasi

11 Aplikasi Inovasi Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama
11 Aplikasi Inovasi

Zona Integritas

Menjadi salah satu progam prioritas, Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di lingkungan peradilan agama merupakan upaya Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama
Zona Integritas

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Data Perempuan Berhadapan Dengan Hukum di Peradilan Agama

Data Perempuan Berhadapan Dengan Hukum di Peradilan Agama

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

ZONA INTEGRITAS PENGADILAN AGAMA DATARAN HUNIMOA


ZI 1 HunimoaZI 2 HunimoaZI 3 HunimoaZI 4 HunimoaZI 5 HunimoaZI 6 Hunimoa

Maklumat ZI

Maklumat ZI 1

LAPORKAN 1 LAPORKAN 2 yw 4

TARTIB

survey revisi

ZONA INTEGRITAS rev

 

  • Persyaratan Perkara
  • Blanko Permohonan & Gugatan
  • Statistik Perkara Bulanan
  • Formulir Disabilitas

 

NO

NAMA

DOWNLOAD

1. Persyaratan Cerai LIHAT DISINI
2. Persyaratan Hak Asuh Anak LIHAT DISINI
3. Persyaratan Harta Bersama, Harta Gono Gini LIHAT DISINI
4. Persyaratan Harta Waris LIHAT DISINI
5. Persyaratan Itsbat Nikah LIHAT DISINI
6. Persyaratan Penetapan Ahli Waris LIHAT DISINI
7. Persyaratan Pengangkatan Anak LIHAT DISINI
8. Persyaratan Permohonan Wali Adhol LIHAT DISINI
9. Persyaratan Surat Kuasa Isidentil LIHAT DISINI

NO

NAMA

DOWNLOAD

1. Cerai Gugat LIHAT DISINI
2. Cerai Gugat PNS LIHAT DISINI
3. Cerai Gugat Prodeo LIHAT DISINI
4. Cerai Gugat Ghaib LIHAT DISINI
5. Cerai Gugat Ghaib PNS LIHAT DISINI
6. Cerai Talak  LIHAT DISINI
7. Cerai Talak PNS LIHAT DISINI
8. Cerai Talak Ghaib LIHAT DISINI
9. Cerai Talak Prodeo LIHAT DISINI
10. Dispensasi Kawin Anak Perempuan LIHAT DISINI
11. Dispensasi Kawin Anak Laki-Laki LIHAT DISINI
12. Itsbat Nikah  LIHAT DISINI
13. Itsbat Nikah Prodeo LIHAT DISINI
14. Itsbat Nikah Janda Duda LIHAT DISINI
15. Itsbat Nikah + Cerai Gugat LIHAT DISINI
16. Itsbat Nikah + Cerai Talak LIHAT DISINI

 NO CONTOH FORMULIR   DOWNLOAD
 1  Lembar Penilaian Personal (Fisik Mental Intelektual)  Klik disini
 2  Lembar Penilaian Personal (Disabilitas Netra)  Klik disini
 3  Lembar Penilaian Personal (Tuli Wicara) Klik disini 

Youtube Pengadilan Agama Dataran Hunimoa

 

Youtube Pengadilan Agama Dataran Hunimoa

 

PENGHARGAAN

. .. ..

.

..

..

LAPOR

Anda Merasa Dirugikan Atas Pelayanan Pegawai Kami?? 

LAPORKAN Melalui Menu Berikut :

LAPOR     1     LAPOR     2
Lapor BAWAS MA RI     Lapor.go.id     Lapor Keluhan Pelayanan Badiag     Lapor Gratifikasi KPK

LUTFI MUSLIH, S.Ag., M.A. KETUA PENGADILAN AGAMA DATARAN HUNIMOA PERTAMA DILANTIK DAN DIAMBIL SUMPAHNYA OLEH KETUA PENGADILAN TINGGI AGAMA AMBON

Pelantikan KPA1

Bula I www.pa-dataranhunimoa.go.id.

Senin, 9 Maret 2020 Masehi bertepatan dengan tanggal 14 Rajab 1441 Hijriah, bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Ambon, diadakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Ketua Pengadilan Agama Dataran Hunimoa Lutfi Muslih, S.Ag., MA. Oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Ambon Drs. H. Sukiman BP, SH., MH.

Pelantikan KPA4

Acara Pelantikan tersebut dilaksanakan setelah adanya hasil persetujuan Tim Promosi dan Mutasi Hakim Mahkamah Agung RI dalam rapat tanggal 6 Februari 2020. dimana berdasarkan surat Direktur Jenderal Badan peradilan Agama Mahkamah Agung RI Nomor 351/DjA/KP.00.2/2/2020 tanggal 6 februari 2020 perihal hasil rapat TPM Hakim pada Lingkungan Peradilan Agama dimana dalam hasil TPM tersebut dari 547 hakim diantaranya pada nomor 200 ada nama Lutfi Muslih, S.Ag., MA. NIP. 197611162006041004 Yang sebelumnya adalah Wakil Ketua Pengadilan Agama Dataran Hunimoa diangkat menjadi Ketua Pengadilan Agama Dataran Hunimoa, dikuatkan dengan Petikan Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 25/KMA/SK/II/2020 tanggal 10 Februari 2020 tentang Promosi dan Mutasi Hakim Tinggi, Ketua, Wakil Ketua, dan Hakim pada Lingkungan Peradilan Agama.

Pelantikan KPA6

Acara Pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut merupakan rangkaian kegiatan PTA Ambon sejak tanggal 4 Maret 2020 hingga 9 Maret 2020 yang diawali dengan rakerda, diskusi hukum, peringatan HUT PTA Ambon ke 36 dan Ramah Tamah. Dalam pelantikan tersebut juga dilantik Panmud Hukum dan Panmud Banding PTA Ambon yang bertukar posisi.

Lutfi Muslih, S.Ag., MA. Sebelum dilantik sebagai Ketua Pengadilan Agama Dataran Hunimoa adalah Wakil Ketua Pengadilan Agama Dataran Hunimoa yang diangkat berdasarkan SK KMA Nomor 74/KMA/SK/IV/2019 tertanggal 25 April 2019 berdaarkan persetujuan Tim Promisi dan Mutasi Hakim Mahkamah Agung RI dalam rapat tanggal 16 April 2019 yang kemudian dilantik sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Dataran Hunimoa pada tanggal 18 Juni 2019 oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Ambon Drs. H. Sukiman BP, SH., MH. Di Aula Kantor Bupati Seram Bagian Timur.  

Pelantikan KPA7

Sebelum bertugas di Pengadilan Agama Dataran Hunimoa Kelas II sebagai Wakil dan Ketua tersebut, Lutfi Muslih, S.Ag., MA. Adalah Hakim pada Pengadilan Agama Bima klas Ib (PTA Mataram NTB) sejak September 2016-Mei 2019, Hakim pada pengadilan Agama Singaraja kelas II (Bali PTA Mataram NTB) 2013-2016, Hakim pada Pengadilan Agama Krui Liwa Lampung Baratkelas II (PTA Tanjung Karang Lampung) 2009-2012. Calon Hakim/CPNS, Calon Hakim/PNS pada Pengadilan Agama Jakarta Selatan Kelas IA (PTA Jakarta) 2006-2009.

Pelantikan KPA3

Pendidikan yang ditempuhnya adalah SD pada SDN Pengarasan V bantarkawung Brebes 1983-1989, MTs AlHikmah I Sirampog Brebes 1989-1992, MAN Tambak Beras Jombang 1992-1995, S1: Fakultas Syariah AS IAIN Walisongo Semarang 1995-2001, S2: Pengkajian Islam Syariah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2002-2005.

Pelantikan KPA4

Pengadilan Agama Dataran Hunimoa adalah salah satu dari 85 Pengadilan Baru baik Pengadilan Agama maupun pengadilan Negeri yang diresmikan operasionalnya oleh Ketua Mahkamah Agung RI Prof Dr. HM. Hatta Ali, SH, MH di Meloungane kebupaten Talaud pada 22 Oktober 2018. Sejak beroperasinya Pengadilan Agama Dataran Hunimoa yang mewilayahi Kabupaten Seram Bagian Timur yang terdiri dari 5 (lima) pulau besar dan berjarak tempuh dari ibukota provinsi Maluku yaitu Ambon kurang lebih lima ratus kilometer dengan perjalanan laut dan darat karena tidak ada penerbangan komersiil atas 14 jam perjalan ke PA Dataran Hunimoa, hanya mempunyai wakil ketua yaitu Marwan Wahdin, SHI dimana yang bersangkutan kemudian pada TPM April 2019 menjadi Ketua pengadilan Agama Majene dan Penggantinya yang juga wakil Ketua adalah Lutfi Muslih, S.Ag., MA. yang pada Februari 2020 berdasarkan TPM menjadi Ketua Pengadilan Agama Dataran Hunimoa.

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

 

Pengadilan Agama Dataran Hunimoa

Jl. Ampera, Bula

Kab. Seram Bagian Timur

Telp: 0915-2211773
Fax: 0915-2211773

E-Mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Θ Lokasi Kantor

Sosial Media : 

instagram  facebook  youtube  twitter

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama Dataran Hunimoa@2018

           Copyright by : IT PA Hunimoa