logo hunimoa      

Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Dataran Hunimoa. Website ini dibuat sebagai sarana untuk memberikan beragam informasi khususnya yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Pengadilan Agama Dataran Hunimoa.

Selamat Datang

Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Dataran Hunimoa. Website ini dibuat sebagai sarana untuk memberikan beragam informasi khususnya yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Pengadilan Agama Dataran Hunimoa.
Selamat Datang

Program Prioritas

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama telah program kerja Tahun 2023 yang berisikan : Penguatan Integritas, Penguatan Sumber Daya Manusia, Penguatan Kelembagaan, dan Penguatan Pemanfaatan IT
Program Prioritas

Hasil Survey Pelayanan Publik Korupsi

Hasil Survey Pelayanan Publik dan Persepsi Korupsi Pengadilan Agama Dataran Hunimoa Triwulan I Tahun 2023
Hasil Survey Pelayanan Publik Korupsi

11 Aplikasi Inovasi

11 Aplikasi Inovasi Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama
11 Aplikasi Inovasi

Zona Integritas

Menjadi salah satu progam prioritas, Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di lingkungan peradilan agama merupakan upaya Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama
Zona Integritas

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Data Perempuan Berhadapan Dengan Hukum di Peradilan Agama

Data Perempuan Berhadapan Dengan Hukum di Peradilan Agama

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

ZONA INTEGRITAS PENGADILAN AGAMA DATARAN HUNIMOA


ZI 1 HunimoaZI 2 HunimoaZI 3 HunimoaZI 4 HunimoaZI 5 HunimoaZI 6 Hunimoa

Maklumat ZI

Maklumat ZI 1

LAPORKAN 1 LAPORKAN 2 yw 4

TARTIB

survey revisi

ZONA INTEGRITAS rev

 

  • Persyaratan Perkara
  • Blanko Permohonan & Gugatan
  • Statistik Perkara Bulanan
  • Formulir Disabilitas

 

NO

NAMA

DOWNLOAD

1. Persyaratan Cerai LIHAT DISINI
2. Persyaratan Hak Asuh Anak LIHAT DISINI
3. Persyaratan Harta Bersama, Harta Gono Gini LIHAT DISINI
4. Persyaratan Harta Waris LIHAT DISINI
5. Persyaratan Itsbat Nikah LIHAT DISINI
6. Persyaratan Penetapan Ahli Waris LIHAT DISINI
7. Persyaratan Pengangkatan Anak LIHAT DISINI
8. Persyaratan Permohonan Wali Adhol LIHAT DISINI
9. Persyaratan Surat Kuasa Isidentil LIHAT DISINI

NO

NAMA

DOWNLOAD

1. Cerai Gugat LIHAT DISINI
2. Cerai Gugat PNS LIHAT DISINI
3. Cerai Gugat Prodeo LIHAT DISINI
4. Cerai Gugat Ghaib LIHAT DISINI
5. Cerai Gugat Ghaib PNS LIHAT DISINI
6. Cerai Talak  LIHAT DISINI
7. Cerai Talak PNS LIHAT DISINI
8. Cerai Talak Ghaib LIHAT DISINI
9. Cerai Talak Prodeo LIHAT DISINI
10. Dispensasi Kawin Anak Perempuan LIHAT DISINI
11. Dispensasi Kawin Anak Laki-Laki LIHAT DISINI
12. Itsbat Nikah  LIHAT DISINI
13. Itsbat Nikah Prodeo LIHAT DISINI
14. Itsbat Nikah Janda Duda LIHAT DISINI
15. Itsbat Nikah + Cerai Gugat LIHAT DISINI
16. Itsbat Nikah + Cerai Talak LIHAT DISINI

 NO CONTOH FORMULIR   DOWNLOAD
 1  Lembar Penilaian Personal (Fisik Mental Intelektual)  Klik disini
 2  Lembar Penilaian Personal (Disabilitas Netra)  Klik disini
 3  Lembar Penilaian Personal (Tuli Wicara) Klik disini 

Youtube Pengadilan Agama Dataran Hunimoa

 

Youtube Pengadilan Agama Dataran Hunimoa

 

PENGHARGAAN

. .. ..

.

..

..

LAPOR

Anda Merasa Dirugikan Atas Pelayanan Pegawai Kami?? 

LAPORKAN Melalui Menu Berikut :

LAPOR     1     LAPOR     2
Lapor BAWAS MA RI     Lapor.go.id     Lapor Keluhan Pelayanan Badiag     Lapor Gratifikasi KPK

PELANTIKAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN HAKIM PENGADILAN AGAMA DATARAN HUNIMOA DI HARI KARTINI

(Musthofa Isniyanto, SH dan Sitti Salma Rumadaul, SHI Resmi Menjabat Hakim )

 

Pelantikan1

Bula I www.pa-dataranhunimoa.go.id.

Selasa, 21 April 2020 Masehi bertepatan dengan tanggal 27 Syakban 1441 Hijriah, bertempat di Ruang Tunggu Pengadilan Agama Dataran Hunimoa Kabupaten Seram bagia Timur Provinsi Maluku, diadakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Hakim Pengadilan Agama Dataran Hunimoa atas nama Musthofa Isniyanto, SH. dan Sitti Salma Rumadaul, SHI. Kedua orang hakim tersebut dilantik dan diambil sumpahnya oleh Lutfi Muslih, S.Ag., MA. Ketua Pengadilan Agama Dataran Hunimoa.

Pelantikan2

Acara Pelantikan dan Pengambilan sumpah tersebut dilaksanakan sesuai surat Dirjen Badan Peradilan Agama Nomor 1283/DjA/KP.04.6/4/2020 tanggal 9 April 2020 perihal Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Hakim Mahkamah Syari’ah/Pengadilan Agama yang memperhatikan Keputusan kepala Badan nasional Penanggulangan bencana Nomor 13.A tahun 2020 tentang Perpanjangan Status Keadaan tertentu Darurat bencana Wabah penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia yang pada pokoknya dalam pelantikan dan pengambilan supah jabatan tersebut harus memperhatikan physical Distancing dan Protokoler kesehatan dalam rangka mencegah penularan Covid 19 sehingga semua yang terlibat dalam acara pelantikan tersebut juga diharuskan memakai masker.

Pelantikan3

                Musthofa Isniyanto, SH sebelum dilantik sebagai hakim Pengadilan Agama Dataran Hunimoa adalah Calon Hakim pada Pengadilan Agama Dataran Hunimoa dengan NIP 199002022017121003. Pria kelahiran Wonogiri yang juga merupakan alumni Fakultas Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Kulliyatul Muallimin Al Islamiyah Gontor sebelumnya belum pernah bertugas secara langsung di PA Dataran Hunimoa, hal ini karena ketika diangkat menjadi Calon Hakim Pengadilan Agama Dataran Hunimoa Pengadilan tersebut belum beroperasi walaupun sudah ada Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2016 tentang Pembentukan beberapa Pengadilan Agama yang diantaranya adalah Pengadilan Agama Dataran Hunimoa, hal ini karena Pengadilan Agama Dataran Hunimoa baru dioperasionalkan oleh Ketua Mahkamah Agung pada 22 Oktober 2020 di Melougane Kepulauan Talaud, sehingga yang bersangkutan sejak pertama melaksanakan tugas sebagai calon hakim ditempatkan di Pengadilan Agama Masohi sebagai Satker Induk dari PA Dataran Hunimoa yang kemudian mengikuti Diklat Pembentukan Calon Hakim di Pusdiklat Mahkamah Agung Bogor dan magang pada Pengadilan Agama Banyuwangi Jawa Timur.

Pelantikan4

                Sitti Salma Rumadaul, SHI juga sebelum dilantik sebagai Hakim Pengadilan Agama Dataran Hunimoa adalah Calon Hakim pada Pengadilan Agama tersebut dengan NIP 199408012017122003. Wanita keliahiran Ambon yang juga merupakan alumni IAIN Ambon dan MAN Geser (Pulau Geser) Kabupaten Seram bagian Timur adalah putri daerah Maluku sendiri yang ditempatkan di tanah kelahirannya. Sama dengan Musthofa Isniyanto, SH. Sejak dilantik baru melaksanakan tugas secara langsung di PA Dataran Hunimoa sejak pelantikan hari ini, sebelumnya magang sebagai calon hakim pada Pengadilan Agama Tuban Jawa Timur.

Pelantikan5

Kedua orang hakim tersebut dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Agama Dataran Hunimoa sesuai dengan ketentuan Pasal 16 Undang-undang Nomor 3 Tahun 2006 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradialn Agama berdasarkan Petikan SK Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 980/DjA/KP04.6/SK/3/2020 tanggal 17 Maret 2020 dengan pangkat Penata Muda golongan/Ruang III/a. dengan Jabatan sebagai Hakim Pratama Pengadilan Agama Dataran Hunimoa Kelas II yang selama memangku dalam jabatan tersebut mendapatkan tunjangan Hakim sesuai PP 94 Tahun 2012 sejumlah Rp. 8.500.000,00. Saksi dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut ada Adi Sufriadi, SHI dan Mukhlish Latukau, SHI. yang keduanya adalah hakim pada Pengadilan Agama Dataran Hunimoa yang telah melaksanakan tugas sebagai hakim selama kurang lebih sepuluh tahun sejak pengangkatannya sebagai hakim pada Tahun 2010.

Pelantikan6

Dalam sambutan seusai pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut, Ketua Pengadilan Agama Dataran Hunimoa Lutfi Msulih, S.Ag., MA. Yang pernah bertugas sebagai hakim di Pulau Sumatera Lampung Barat, Pulau Bali Buleleng, dan Pulau Sumbawa Bima mengucapkan selamat datang dan bergabung dengan warga Pengadilan Agama Dataran Hunimoa. Ketua Pengadilan tersebut berpesan kepada para hakim yang telah dilantik agar senantiasa menjaga Integritas dengan bertindak dan bersikap serta berperilaku sesuai kode etik dan pedoman perilaku Hakim baik terhadap diri sendiri maupun lingkungan sekitarnya baik secara kedinasan maupun diluar kedinasan. Ketua Pengadilan Agama juga mengingatkan akan maklumat Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 01/Maklumat/KMA/IX/2012 tanggal 11 September 2017 tentang Pengawasan dan Pembinaan Hakim, AParatur Mahkamah Agung dan badan peradilan di bawahnya yang diantaranya dengan senantiasa memahami dan memastikan terlaksananya Kebijakan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Pelantikan7

Ketua Pengadilan Agama Dataran Hunimoa juga sebelum menjadi hakim adalah Calon hakim Pada Pengadilan Agama Jakarta Selatan tersebut menyatakan bahwa pelantikan pada hari dan tanggal ini adalah hari yang bersejarah karena disamping para hakim dilantik juga pada tanggal 21 April 2020 ini diperingati sebagai hari lahir Kartini sebagai hari yang diperingati secara nasional seiring kelahiran Kartini sebagai Pahlawan nasional. Ketua Pengadilan juga mengutip ucapan RA Kartini yang diantaranya adalah “Banyak Hal yang bisa menjatuhkanmu, tapi satu-satunya hal yang benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri”, “Terkadang Kesulitan harus kamu rasakan terlebih dahulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu” sebagaimana dalam buku habis Gelap terbitlah terang karya R.A. kartini. Ketua Pengadilan juga mengajak kepada hakim yang telah dilantik agar bersatu padu dengan seluruh aparatur Pengadilan Agama Dataran Hunimoa yang lain membangun Pengadilan Agama Dataran Hunimoa yang Agung sebagaimana Visi dan Misinya, menjaga citra dan wibawa lembaga peradilan.

              Dalam acara perkenalannya Kedua orang hakim tersebut mengucapkan terima kasih kepada warga PA dataran Hunimoa yang menyambut dan menerimanya dengan baik sebagai warga baru, dan memohon bimbingan, arahan serta mengajak untuk bekerjasama untuk kebaikan Mahkamah Agung dan khususnya Pengadilan Agama Dataran Hunimoa menjadi peradilan agama yang agung. Dengan kebersamaan dan kepatuhan pada aturan Yakinlah Usaha Sampai.

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

 

Pengadilan Agama Dataran Hunimoa

Jl. Ampera, Bula

Kab. Seram Bagian Timur

Telp: 0915-2211773
Fax: 0915-2211773

E-Mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Θ Lokasi Kantor

Sosial Media : 

instagram  facebook  youtube  twitter

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama Dataran Hunimoa@2018

           Copyright by : IT PA Hunimoa