logo hunimoa      

Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Dataran Hunimoa. Website ini dibuat sebagai sarana untuk memberikan beragam informasi khususnya yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Pengadilan Agama Dataran Hunimoa.

Written by Ardy Mulyadi, A.Md. on . Hits: 72

KOMITMEN MEWUJUDKAN ZONA INTEGRITAS DI SERAM BAGIAN TIMUR

(Pengadilan Agama Dataran Hunimoa adakan Monitoring dan Evaluasi Kinerja Periode Maret 2022 dan Tindak Lanjut Hasil Pengawasan)

1

 

Bula I www.pa-dataranhunimoa.go.id.

Salah satu alat ukur bahwa sebuah pekerjaan tepat sasaran dan berjalan pada treknya adalah dengan Monitoring dan Evaluasi Kinerja. Untuk itu diadakanlah Monitoring dan evaluasi atas kinerja yang telah dilakukan. Begitu juga dengan Laporan Hasil Pengawasan agar apa yang direkomendasikan daoat diimplementasikan maka diadakan lah Tindak Lajut atas hasil Pengawsan. Untuk itulah pada   Kamis, 7 April 2022 Masehi bertepatan dengan tanggal 5 Ramadhan 1443 Hijriyah diadakan rapat rutin monev dan TLHP (Tindak Lanjut Hasil Pengawasan), sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan publik di bumi Ita Wotu Nusa Kabupaten Seram bagian Timur.

Berdasarkan undangan rapat dari Ketua Pengadilan Agama Dataran Hunimoa tertanggal 6 April 2022 terkait undangan rapat Monev dan tindak lanjut hasil pengawasan yang dtujukan kepada seluruh aparatur PA Dataran Hunimoa, kegiatan dimulai pukul 09.00 WIT. Diawali dengan pembukaan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Mahkamah Agung RI, Mars PTA Ambon, dan tak lupa juga yel-yel Zona Integritas Pengadilan Agama Dataran Hunimoa. Rapat dimulai dengan sambutan dan pengarahan dari ketua Pengadilan Agama Dataran Hunimoa. Lutfi Muslih, S.Ag., M.A.

2

Ketua Pengadilan Agama Dataran Hunimoa saat menyampaikan sambutan mengucapkan syukur dan terima kasih atas kinerja seluruh aparatur Pengadilan Agama Dataran Hunimoa yang terus ditingkatkan meskipun sejak awal Maret 2022 tanpa ada Wakil Ketua dan Kasubag kepegawaian Ortala. Ucapan syukur dan terima kasih juga disampaikan kepada seluruh aparatur Pengadilan Agama Dataran Hunimoa yang telah bekerja mensukseskan kunjungan WKPTA Ambon dan Tim Pengawasan PTA Ambon pada almamater tercinta dalam rangka pembinaan dan pengawasan. Tentunya tindak lanjut hasil harus segera dilaksanakan dan juga hasil pembinaan dijadikan pegangan dalam menjalankan tugas sehari-hari. Selanjutnya Ketua juga meminta kepada seluruh aparatur untuk terus meningkatkan kedisiplinan. Membiasakan untuk Disiplin tanpa harus diawasi, bekerja tanpa harus diperintah, dan tanggungjawab tanpa harus diminta. Dengan kebiasaan tersebut maka sistem yang dibangun akan berjalan dengan sendirinya. Mensyukuri atas apa yang diamanatkan berupa jabatan, yaitu dengan bertanggung jawab atas jabatan tersebut. Dengan bertanggungjawab maka jabatan dan pekerjaan yang diemban tidak menjadi racun bagi diri pengembannya dan juga tidak menjadi bencana/petaka bagi lingkungannya.

3

Untuk itu sebagai pengingat agar meneladani sikap Rasulullah dan juga semangat ramadhan sebagai bulan berkah menuju fitrah, peningkatan amal ibadah dengan membiasakan untuk melakukan pekerjaan dari diri sendiri, dari hal-hal yang kecil yang kedepan akan memudahkan seluruh pegawai mewujudkan hal yang besar yang dicita-citakan. Menempatkan pekerjaan dan profesi sebagai sebuah Ibadah. Sebagaimana Sabda Nabi: Hayaatuna Kulluha Ibadatun” (hidup kita semuanya adalah upaya dalam rangka beribadah).  

4

Selanjutnya kegiatan dimulai dengan pelaporan dari bidang kepaniteraan. Bidang kepaniteraan menyampaikan laporan perkara yang diterima pada bulan Maret 2022 adalah untuk perkara permohonan sejumlah satu perkara yaitu perkara penetapan wali, perkara gugatan sejumlah 2 perkara cerai gugat. Dari 43 perkara sisa bulan lalu dan 3 diterima bulan ini diputus sejumlah 44 perkara yaitu 40 perkara permohonan dan 4 perkara gugatan yang seluruhnya didaftar melalui aplikasi ecourt. Untuk perkara mediasi ada satu perkara yang dimediasi dan berhasil untuk sebagian.

Berdasarkan laporan perkara banding ada satu perkara yang diajukan ke PTA dan telah diputus. Terkait Perkara khusus pelaksanaan PP 10 Tahun 1983 terdapat 2 perkara. Faktor penyebab perceraian lebih pada perselisihan dan pertengkaran yang terus menerus. Terkait akte cerai terdapat 8 akte cerai yang dibuat dan 7 yang telah diambil dan diserahkan pada para pihak.

5

Untuk data pengunjung PA Dataran Hunimoa melalui PTSP tercatat sejumlah 22 orang. Kondisi SIPP Pengadilan Agama Dataran Hunimoa yang dimana berdasarkan raport mingguan yang dirilis website Badilag secara keseluruhan mengalami sedikit peningkataan dimana pada Bulan Maret menempati posisi 37 dengan perhitungan waktu putus 98,697, waktu minutasi 100, bobot upload putusan 100, dengan nilai akhir 99,566.

Dari bidang kesekretariatan disampaikan terkait bidang kepegawaian dan ortala di antaranya terkait jumlah pegawai, surat-surat yang diterbitkan, dokumen penegakan disiplin baik Pegawai maupun Honorer (PPNPN), Penilaian Kinerja Pegawai, Tata Naskah DInas, SIKEP dan ABS. Absensi, LLK. Selanjutnya Bagian Umum dan Keuangan menyampaikan mengenai jumlah surat masuk dan keluar, pemeliharaan kendaraan dinas, pemeliharaan kantor dan lainnya. Dalam hal keuangan disampaikan diantaranya mengenai penyerapan anggaran DIPA 01 dan DIPA 04 . Dalam bagian perencanaan, IT dan pelaporan disampaikan mengenai rincian alat pendukung Teknologi Informasi SIPP, melaporkan realisasi kegiatan dan laporan lainnya melalui website www.pa-dataranhunimoa.go.id, pemutakhiran data website, youtube, instagram, facebook dan lainnya.

6

“Ramadhan Karim dari Bula”

Bulan Ramadhan Bertadarus Ria,

Buka Bersama di Masjid Bula,

Bila Kalian Ingin menjadi Bahagia,

Maka amal ibadah jangan dilupa.

Kalrez Citic Perusahaan Migas,

Minyak Mentah dari Tanah Bula,

Kalaulah Fanatik pada Tugas,

Mari simak qira’ah ayat suci kita.

LMS161176

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Dataran Hunimoa

Jl. Ampera, Bula

Kab. Seram Bagian Timur

Telp: 0915-2211620
Fax: 0915-2211620

E-Mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Θ Lokasi Kantor

 Logo InstagramLogo Facebook

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama Dataran Hunimoa@2018

           Copyright by : IT PA Hunimoa