logo hunimoa      

Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Dataran Hunimoa. Website ini dibuat sebagai sarana untuk memberikan beragam informasi khususnya yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Pengadilan Agama Dataran Hunimoa.

Written by Ardy Mulyadi, A.Md. on . Hits: 145

PENGADILAN AGAMA DATARAN HUNIMOA JUARA PERADILAN ELEKTRONIK DI PROVINSI MALUKU (Penghargaan PTA Ambon pada Satuan Kerja Pengadilan Agama di Wilayah Maluku: 4 kategori peringkat I [E-Court, Dekorum, Website, Implementasi Inovasi PTA] diberikan kepada PA Dataran Hunimoa)

1

Bula I www.pa-dataranhunimoa.go.id.
Pengadilan Agama Dataran Hunimoa yang saat ini dipimpin oleh Lutfi Muslih, S.Ag., M.A. dinobatkan sebagai juara pertama kategori e-Court (berperkara secara elektronik) oleh Pengadilan Tinggi Agama Ambon pada kegiatan sosialisasi dan penganugrahan penghargaan kinerja sakter se wilayah PTA ambon Senin, 11 April 2022 yang dilaksanakan secara daring yang diikuti oleh seluruh satker tingkat pertama yang berjumlah enam yaitu PA Ambon, PA masohi, PA Tual, PA Dataran Hunipopu, PA Dataran Hunimoa dan PA Namlea dari masing-masing satker melalui zoom meeting.

2

Di samping juara pertama kategori e-court dimana hingga saat ini sejak Januari 2022 seluruh perkara yang ada didaftarkan secara ecourt dan juga sebagian diputus secara elitigasi. PA Dataran Hunimoa juga dinobatkan sebagai peringkat pertama kategori website, dekorum, dan implementasi Inovasi PTA Ambon. Dengan demikian pada penganugerahan kali ini juara pertama disabet oleh PA Dataran Hunimoa dalam empat kategori.
Sedangkan untuk penghargaan peringkat kedua PA Dataran Hunimoa mendapatkan penghargaan dalam dalam lima kategori yaitu: kategori laporan keuangan, kategori BMN, kategori Tindak lanjut hasil Pengawasan Hawasbid, kategori TLHP Hawasbid, dan kategori ABS. Dan untuk penghargaan peringkat juara tiga diperoleh dari kategori K3.

3

Penganugerahan yang diberikan oleh PTA Ambon adalah yang pertama di tahun 2022 setelah pengadilan tingkat banding tersebut mendapatkan penghargaan Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani dari kemenpan RB pada Desember 2021 yang lalu. Pada tahun 2021 yang lalu bulan September 2021 PTA Ambon juga memberikan penghargaan pada Satker di bawahnya dimana PA Dataran Hunimoa meraih juara pertama dalam lima kategori yaitu dalam kategori Mediasi Terbaik, Dekorum Ruang Sidang Terbaik, Website Terbaik, Implementasi Inovasi PTA Ambon Terbaik [Sidion, Sicupegi, Petasan, Kasigra, Nota Beta, dll], Penyerapan Anggaran DIPA 04. 3 (tiga) penghargaan untuk juara 2 (Implementasi APM, Tindak lanjut hasil pengawasan daerah, kelengkapan ABS [Aplikasi backup SIKEP]). dan 3 (tiga) Penghargaan untuk Juara 3 (Implementasi K3, Tindak lanjut Hawasbid, kelengkapan data LHKPN/LHKASN).

4

Pengadilan Agama Dataran Hunimoa sendiri adalah salah satu dari 85 Pengadilan baru yang diresmikan oleh Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr. H.M. Hatta Ali, SH., M.H. pada 22 Oktober 2018 di Meloungane Kabupaten Kepulauan Talaud Provinsi Sulawesi Utara. Pengadilan Agama Dataran Hunimoa yang hingga kini melewati tiga setengah tahun pengabdian berdasarkan Keppres Nomor 13 Tahun 2016 mempunyai wilayah hukum di Kabupaten Seram Bagian Timur Provinsi Maluku yang pemerintah daerahnya sejak tahun 2019 hingga 2021 mendapatkan predikat merah dalam hal pelayanan publik dari Ombudsman RI. Hingga saat ini kantor Pengadilan Agama Dataran Hunimoa menempati gedung pinjam pakai berupa rumah dinas pendidikan Kabupaten Seram Bagian Timur di Jl. Ampera, Bula Kabupaten Seram Bagian Timur.
Penghargaan untuk Pengadilan Agama Dataran Hunimoa pada tahun 2022 di samping tersebut di atas, juga mendapatkan predikat APM A Excellent bintang tiga dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama MARI.

5

Selama tahun 2021 Pengadilan Agama Dataran Hunimoa yang saat itu dipimpin oleh Ketua Lutfi Muslih, S.Ag., M.A. dan Wakli Ketua Adi Sufriadi, S.H.I. berdasarkan data di Pengadilan Agama Dataran Hunimoa, ada beberapa penghargaan yang diterima oleh Satker yang terletak di timur pulau seram tersebut. Pada 4 Januari 2021 Peengadilan Agama Dataran Hunimoa mendapatkan piagam Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu Badan Peradilan Agama dengan akreditasi “A” (Excellent) dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI. Sertifikat bernomor 063/DJA/SERT/I/2021 tersebut ditandatangani oleh Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, SH., M.H. yang pada 21 Desember 2021 yang lalu mendapatkan penghargaan sebagai Top Leader on Digital Implementation 2021 dari Majalah IT Work Indonesia, dan juga ditandatangani oleh Ketua Tim Akreditasi penjaminan Mutu Drs. Arief Hidayat, S.H., M.H. yang juga sekretaris Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama. Ditjen Badilag MARI sendiri pada 21 Desember 2021 mendapatkan penghargaan sebagai pemenang Top Digital Awards Level Star 4 dari IT Works dan pada 20 Desember 2021 mendapatkan penghargaan dari kementerian PAN RB dengan Apresiasi Berpredikat WIlayah Birokrasi bersih dan melayani Tahun 2021.

6

Pada 29 Januari 2021, PA Dataran Hunimoa mendapatkan piagam penghargaan dengan sertifikat Nomor PP-18/WBP.32/KP.02/2021 dari KPPN Masohi atas prestasinya sebagai peringkat ketiga dalam efektivitas Pelayanan Kegiatan Kinerja pelaksanaan Anggaran terbaik Tahun 2020 satker lingkup KPPN Masohi dengan kategori DIPA Kecil. KPPN Masohi sendiri mewilayahi tiga Kabupaten yang terdiri dari Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Barat dan Kabupaten Seram Bagian Timur, dimana untuk menjangkau KPPN tersebut dari Bula Kabupaten Seram bagian Timur membutuhkna waktu lebih dari 8 jam perjalanan darat.

7

Pada 10 Juni 2021, PA Dataran Hunimoa mendapatkan piagam penghargaan dari Dirjen Badilag MARI peringkat kedua dalam kategori lima dalam hal Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) untuk triwulan pertama periode (Januari-Maret 2021) dengan nilai SIPP 99,41 %. Penghargaan tingkat nasional dari Badilag terkait SIPP juga pernah diperoleh oleh PA Dataran Hunimoa pada 31 Oktober 2020 atas capaian kinerja Penanganan perkara berdasarkan SIPP 10 besar kategori V Periode Oktober 2020 yang ditandatangani oleh Dirjen Badilag MARI.
Pada 28 Juni 2021, PA Dataran Hunimoa mendapatkan piagam penghargaan peringkat satu dalam kategori Pelaksanaan Anggaran DIPA 04 pada pengadilan Agama sewilayah PTA Ambon Periode Bulan Januari-Mei 2021 dari KPTA Ambon yang ditandatangani oleh KPTA Ambon Drs. H.M. Manshur, SH., MH.

8

Pada 19 Agustus 2021, Pengadilan Agama Dataran Hunimoa mendapatkan Anugerah mahkamah Agung Republik Indonesia dalam Kategori pengadilan Terbaik Dalam Pelaksanaan Mediasi kategori Pengadilan Kelas II Peradilan Agama peringkat ketujuh. Penghargaaan yang diberikan tersebut yang ditandatangani oleh Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr. H.M. Syarifuddin, SH., MH. Diberikan bersamaan dengan perayaan HUT MARI ke 76 dan penghargaan tersebut dipajang di ruang PTSP PA Dataran Hunimoa yang nyaman.

9

Pada 30 September 2021, Pengadilan Agama Dataran hunimoa mendapatkan 11 (sebelas) Penghargaan dari Pengadilan Tinggi Agama Ambon dalam acara Anugerah Pengadilan Agama Berkinerja Tinggi sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Ambon pada Kamis, 30 September 2021. Penghargaan yang ditandatangani Oleh KPTA Ambon Dr. H. Imron Rosyadi, SH., MH. Diberikan secara daring dan dihadiri oleh seluruh aparatur Peradilan sewilayah PTA Ambon.
Pengadilan Agama Dataran Hunimoa mendapatkan sebelas penghargaan dimana 5 Penghargaan untuk juara I (dalam kategori Mediasi Terbaik, Dekorum Ruang Sidang Terbaik, Website Terbaik, Implementasi Inovasi PTA Ambon Terbaik [Sidion, Sicupegi, Petasan, Kasigra, Nota Beta, dll], Penyerapan Anggaran DIPA 04). 3 (tiga) penghargaan untuk juara 2 (Implementasi APM, Tindak lanjut hasil pengawasan daerah, kelengkapan ABS [Aplikasi backup SIKEP]). dan 3 (tiga) Penghargaan untuk Juara 3 (Implementasi K3, Tindak lanjut Hawasbid, kelengkapan data LHKPN/LHKASN). Secara umum untuk juara pertama Pengadilan Agama Dataran Hunimoa bersanding dengan Pengadilan Agama Ambon, karena sama-sama memperoleh 5 anugerah penghargaan peringkat pertama terbaik, sedangkan 4 satker lainnya baik Pengadilan Agama Masohi (3), Tual (2), Dataran Hunipopu (4) dan Namlea (3) berada di bawah perolehan PA Dataran Hunimoa.

10

Secara umum penghargaan yang diperoleh Pengadilan Agama Dataran Hunimoa selama tahun 2021 adalah sejumlah 16 penghargaan baik tingkat nasional, tingkat provinsi maupun regional. Dengan rincian sebagai berikut:
Penghargaan Tingkat Nasional:
1. Anugerah Mahkamah Agung RI Tahun 2021 kategori Madiasi terbaik VII Peradilan Agama kelas II;
2. Penghargaan Dirjen Badilag:
2.1. Akreditasi penjaminan Mutu A Excellent Tahun 2020, dan
2.2. Peringkat Kedua SIPP Kategori V Triwulan Pertama (Januari-Maret 2021);
Penghargaan Tingkat Provinsi dan Regional:
1. peringkat I dalam kategori Pelaksanaan Anggaran DIPA 04 (Januari-Mei 2021). PTA Ambon
2. Peringkat I dalam kategori Mediasi Terbaik, dari PTA Ambon
3. Peringkat I dalam kategori Dekorum Ruang Sidang Terbaik, dari PTA Ambon
4. Peringkat I dalam kategori Website Terbaik, dari PTA Ambon
5. Peringkat I dalam kategori Implementasi Inovasi PTA Ambon Terbaik [Sidion, Sicupegi, Petasan, Kasigra, Nota Beta, dll], dari PTA Ambon.
6. Peringkat I dalam kategori Penyerapan Anggaran DIPA 04 (Januari-September 2021). dari PTA Ambon.
7. Peringkat II dalam kategori Implementasi APM, dari PTA Ambon.
8. Peringkat II dalam kategori Tindak lanjut hasil pengawasan daerah, dari PTA Ambon.
9. Peringkat II dalam kategori kelengkapan ABS [Aplikasi backup SIKEP]).dari PTA Ambon.
10. Peringkat III dalam kategori Implementasi K3, dari PTA Ambon.
11. Peringkat III dalam kategori Tindak lanjut Hawasbid, dari PTA Ambon.
12. Peringkat III dalam kategori kelengkapan data LHKPN/LHKASN) dari PTA Ambon
13. Peringkat III dalam kategori Efektivitas Pelayanan Kegiatan Kinerja pelaksanaan Anggaran terbaik Tahun 2020 satker lingkup KPPN Masohi dengan kategori DIPA Kecil dari KPPN Masohi.
Dalam capain kinerja triwulan, Pengadilan Agama Dataran Hunimoa dari triwulan pertama, kedua dan ketiga selalu menempati posisi pertama di antara satker se wilayah PTA Ambon berdasarkan penilaian Direktorat jenderal badan peradilan Agama Tahun 2021, sedangkan pada triwulan keempat tersalip oleh Pengadilan Agama lain.

11

Berdasarkan penghargaan yang diterima oleh PA Dataran Hunimoa dari PTA Ambon pada 11 April 2022 tersebut, maka Pengadilan Agama Dataran Hunimoa mendapatkan 10 (sepuluh) sertifikat Penghargaan dengan rincian juara satu dalam empat kategori, juara dua dalam lima kategori dan juara tiga dalam satu kategori.
Ketua Pengadilan Agama Dataran Hunimoa Lutfi Muslih ketika dikonfirmasi mengenai penghargaan tersebut menyatakan berterima kasih dan bangga atas kinerja aparatur PA Dataran Hunimoa yang secara bersama-sama menjaga nama baik dan wibawa serta terus berkomitmen berprestasi mempersembahkan yang terbaik bagi lembaganya. Kontribusi aparatur PA Dataran Hunimoa tuk mewujudkan pelayanan prima dan birokrasi berkelas dunia senantiasa digelorakan. Ke depan semoga bisa dipertahankan dan ditingkatkan lagi meskipun mempunyai aparatur yang paling sedikit di antara satker sewilayah PTA Ambon, bahkan saat ini tidak memiliki wakil ketua, Kasubag kepegawaian dan Ortala, Jurusita dan Jurusita Pengganti. Semoga semnagat dan kekompakan tetap terjaga.

12

“Pantun dari Hunimoa”
Dimana bumi dipijak, disana langit dijunjung.
Jadilah pribadi yang bijak, agar langit dan bumi mendukung.
Burung Nuri terbanglah tinggi, melintasi pohon pala dan lada.
Mari kita terus bersinergi, agar siap dengan perubahan yang ada.
“LMS 01”

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Dataran Hunimoa

Jl. Ampera, Bula

Kab. Seram Bagian Timur

Telp: 0915-2211620
Fax: 0915-2211620

E-Mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Θ Lokasi Kantor

 Logo InstagramLogo Facebook

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama Dataran Hunimoa@2018

           Copyright by : IT PA Hunimoa