logo hunimoa      

Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Dataran Hunimoa. Website ini dibuat sebagai sarana untuk memberikan beragam informasi khususnya yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Pengadilan Agama Dataran Hunimoa.

Written by Ilham Ikhsanudin on . Hits: 121

Ihwal ‘Sunah Rasul’ di Malam Jum’at

Oleh: H. Asmu’i Syarkowi

(Hakim Tinggi PTA Jayapura)

Seorang anggota grup Whats App (WA), tiba-tiba pamit keluar. Teman-teman, tidak terkecuali saya, juga bertanya-tanya apakah gerangan yang menyebabkan sang doktor (sekarang mungkin sudah profesor) ini undur diri. Padahal, grup WA tersebut dibuat semula hanya dengan satu tekat: untuk menjalin silaturrahmi antar sesama alumni”. Meskipun semua anggota grup tidak saling ada hubungan kekerabatan sama sekali, tetapi suasana keakraban semasa kuliah dan sampai usia tuwir ini rupanya sudah seperti keluarga besar. Tempat yang saling berjauhan setelah puluhan tahun saling berpisah, plus kesibukan masing-masing, memang membuat semua alumni susah bertemu secara fisik sekaligus saling kangen. Perilaku para alumni anggota grup itu biasanya memang aneh-aneh. Ada yang serius tapi ada pula yang masih clelekan layaknya masa muda dulu. Yang terakhir ini pun biasanya sering mengunggah postingan iseng.

Salah satu postingan iseng, di samping hiruk pikuk postingan hoaxyang juga berseliweran, ialah postingan perihal ‘sunah rasul’ malam Jum’at. Sebagaimana sering bertebaran di berbagai grup WA, topik itu sering menjadi salah satu postingan populer. Bahkan, suguhan menarik, postingan ‘sunah rasul’ itu divisualisasikan dalam video, misalnya video pendek (Vlog), baik monolog maupun dialog, dengan pemeran perempuan cantik sekaligus genit. Yang sering membuat kita tidak habis pikir, mengapa topik tersebut sering menjadi candaan yang tidak jarang mengarah (mohon maaf) ke ‘ranah’ selangkangan. Agak ironis memang. Pada tataran tertentu kita pun sering merasakan guyonan itu sudah bernuansa pelecehan. Melebeli ‘sunah rasul’ untuk sebuah guyonan murahan tentu sangat tidak elok.


Selengkapnya KLIK DISINI

Hubungi Kami

 

Pengadilan Agama Dataran Hunimoa

Jl. Ampera, Bula

Kab. Seram Bagian Timur

Telp: 0915-2211773
Fax: 0915-2211773

E-Mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Θ Lokasi Kantor

Sosial Media : 

instagram  facebook  youtube  twitter

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama Dataran Hunimoa@2018

           Copyright by : IT PA Hunimoa