logo hunimoa      

Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Dataran Hunimoa. Website ini dibuat sebagai sarana untuk memberikan beragam informasi khususnya yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Pengadilan Agama Dataran Hunimoa.

Written by Ilham Ikhsanudin on . Hits: 60

KETUA PENGADILAN AGAMA DATARAN HUNIMOA HADIRI WISUDA PURNABAKTI PARA PIMPINAN, HAKIM AGUNG DAN HAKIM ADHOK PADA MAHKAMAH AGUNG RI SECARA DARING

ad 1

Bula I www.pa-dataranhunimoa.go.id.

Kamis, 16 Juni 2022 Masehi bertepatan dengan tanggal 16 Dzulkaidah 1443 Hijriah, pukul 11.00 WIT atau 09.00 WIB, Ketua Pengadilan Agama Dataran Hunimoa Lutfi Muslih, S.Ag.,MA. dari ruang kerjanya hadiri wisuda purnabakti para pimpinan, Hakim Agung dan Hakim AdHok pada Mahkamah Agung RI. Kegiatan yang berlangsung di Ruang Prof. Dr. Mr. Koesoemah Atmadja, Tower Mahkamah Agung Lantai 14 diikuti secara daring melalui zoom meeting.

ad 2

           Sesuai surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 1388A/SEK/HM.01.1/ 6/2022 tertanggal 3 Juni 2022 perihal undangan wisuda purnabakti yang ditujukan kepada Ketua/kepala Pengadilan Tingkat banding dan Tingkat pertama bahwa pelaksanaan kegiatan untuk pimpinan tingkat pertama dilaksanakan secara daring, sedangkan untuk pimpinan tingkat banding secara luring di Jakarta.

ad 3

            Kegiatan yang dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan juga Himne Mahkamah Agung tersebut berjalan dengan lancar dan khidmat. Selanjutnya dibacakan SK Presiden RI oleh Sekretaris Mahkamah Agung RI, dimulai dari pembacaan SK mantan Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr. H.M.Hatta Ali, SH., MH, Para Wakil Ketua MA, Para Ketua Kamar, Para Hakim Agung dan Hakim AdHok disertai ucapan terima kasih atas jasa-jasanya selama memangku jabatan.

ad 4

Dalam sambutannya, Ketua Mahkamah Agung terlebih dahulu menyebutkan nam-nama mereka yang diwisuda purnabakti. Ketua MA selanjutnya menyampaikan agar tetap disiplin menjaga protokol kesehatan. Disampaikan juga akibat pandemi kegiatan ini dilaksanakan secara sederhana dan terbatas serta kolektif namun diharapkan tidak mengurangi kesakralan dan kekhidmatan. Disampaikan pula bahwa rencana semula kegiatan ini dilaksanakan pada pertengahan tahun 2020 namun karena adanya bencana nasional Covid-19 baru dapat dilaksanakan pada kesempatan saat ini. Namun demikian dengan diadakannya kegiatan secara kolektif ini dapat diambil hikmah sehingga dapat bertemu dan bercengkerama sesama rekan sejawat yang barangkali sudah lama tidak bertatap muka. Kegiatan ini juga bisa menjadi ajang untuk memperkokoh silaturrahmi.

ad 5

Purnabakti adalah sunatullah karena setiap individu mempunyai pase penting. Waktu terus berputar, setiap pangkal mempunyai ujung tak seorangpun manusia yang mampu menghentikan gerak zaman. Dalam pesan dan kesannya, Ketua Mahkamah Agung menyatakan bahwa purnabakti sebagai fase terpenting dalam hidup penanda sampai dengan selamat. Purnabakti sebagai ajang suksesi kepemimpinan, suksesi merupakan hal yang lazim. Siklus kepemimpinan senantiasa bergulir datang dan pamit sebagai penanda terealisisasi roda organisasi yang berjalan. Yang diwisuda adalah para pelopor transformasi peradilan modern yang dicitakan dalam cetak biru pembaruan MA. Dari ranah konseptual menuju aktual.

ad 6

Ketua MA juga mengutip kalimat Ali Alnabahi Hakim Agung dari Granada Andalusia yang hidup abad ke 7 Hijriyah: “Meski secara zahir hakim itu mengadili orang lain, sejatinya dirinyalah yang tengah diadili atas putusan-putusan yang ia jatuhkan”. Dalam kesunyiannya seorang hakim berkontemplasi dan berijtihad mencurahkan seluruh akal budinya dalam judisial activism dalam menemukan hukum yang cocok, tepat dan adil untuk perkara yang ditanganinya. Tidak jarang seorang hakim mengorbankan waktu istirahat, bergadang hingga larut malam atau terbangun dinihari berkutat dengan berkas perkara yang sedang ditanganinya.

ad 7

 

Wisuda purnabakti adalah penanda monumental suksesnya seorang hakim dalam mencapai puncak keparipurnaan. Mereka yang diwisuda saat ini adalah para guru sejati dimana disebutkan bahwa Guru sejati adalah sosok yang mampu meninggalkan suluh pelita bagi jalan yang menerangi generasi berikutnya.

Ketua MA menyampaikan Ucapan terima kasih tiada terhingga atas bimbingan para wisudawan dan pengabdiannya pada bangsa. Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas darma baktinya. Ucapan terima kasih kepada ibu dan keluarga yang telah mendampingi. Jalinan komunikasi dan tali silaturrahim tetap terjaga. Selamat memasuki purnabkati, tetap sehat walafiat dan berada dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

ad 8

 

Selanjutnya dibacakan Pantun:

Dari semanggi ke Gondangdia, singgah sebentar di stasiun kota;

Selamat purnabakti Para Yang Mulia, kami melepas dengan suka cita.

Dari Baturaja ke Kota Jakarta, ke Bakaheuni membawa padi.

Walau masa jabatan memisahkan kita, namun silaturrahmi kan tetap abadi.

Berikut adalah 31 nama wisudawan yang diwisuda purnabakti:

  1. Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, S.H., M.H. dari jabatannya sebagai Ketua Mahkamah Agung pada Mahkamah Agung, terhitung mulai tanggal 1 Mei 2020.
  2. Prof. Dr. H. Mohammad Saleh, S.H., M.H. dari jabatannya sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial pada Mahkamah Agung, terhitung mulai tanggal 1 Mei 2016.
  3. Dr. Suwardi, S.H., M.H. dari jabatannya sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial pada Mahkamah Agung, terhitung mulai tanggal 1 Juni 2017.
  4. Prof. Dr. H. Abdul Manan, S.H., S.I.P., M.Hum. dari jabatannya sebagai Ketua Kamar Agama pada Mahkamah Agung, terhitung mulai tanggal 1 Februari 2017.
  5. Timur P. Manurung, S.H., M.M. dari jabatannya sebagai Ketua Kamar Militer pada Mahkamah Agung, terhitung mulai tanggal 1 September 2017.
  6. Soltoni Mohdally, S.H., M.H. dari jabatannya sebagai Ketua Kamar Perdata pada Mahkamah Agung, terhitung mulai tanggal 1 Maret 2019.
  7. Prof. Dr. H. Abdul Gani Abdullah, S.H. dari jabatannya sebagai Hakim Agung pada Mahkamah Agung, terhitung mulai tanggal 1 September 2016.
  8. Prof. Dr. Topane Gayus Lumbuun, S.H., M.H. dari jabatannya sebagai Hakim Agung pada Mahkamah Agung, terhitung mulai tanggal 1 Februari 2018.
  9. Dr. Drs. H. Mukhtar Zamzami, S.H., M.H. dari jabatannya sebagai Hakim Agung pada Mahkamah Agung, terhitung mulai tanggal 1 Oktober 2018.
  10. Sumardijatmo, S.H., M.H. dari jabatannya sebagai Hakim Agung pada Mahkamah Agung, terhitung mulai tanggal 1 Oktober 2019.
  11. Prof. Dr. Hary Djatmiko, S.H., M.S. dari jabatannya sebagai Hakim Agung pada Mahkamah Agung, terhitung mulai tanggal 1 April 2021.
  12. Dr. H. A. Mukti Arto, S.H., M.Hum. dari jabatannya sebagai Hakim Agung pada Mahkamah Agung, terhitung mulai tanggal 1 November 2021.
  13. Dr. Sofyan Sitompul, S.H., M.H. dari jabatannya sebagai Hakim Agung pada Mahkamah Agung, terhitung mulai tanggal 1 Mei 2022.
  14. M.S. Lumme, S.H. dari jabatannya sebagai Hakim Ad Hoc Tindak Pidana Korupsi Tingkat Kasasi pada Mahkamah Agung, terhitung mulai tanggal 22 Juli 2020.
  15. Prof. Dr. Krisna Harahap, S.H., M.H. dari jabatannya sebagai Hakim Ad Hoc Tindak Pidana Korupsi Tingkat Kasasi pada Mahkamah Agung, terhitung mulai tanggal 22 Juli 2021.
  16. Dr. Leopold Luhut Hutagalung, S.H., M.H. dari jabatannya sebagai Hakim Ad Hoc Tindak Pidana Korupsi Tingkat Kasasi pada Mahkamah Agung, terhitung mulai tanggal 22 Juli 2021.
  17. Prof. Dr. Mohammad Askin, S.H. dari jabatannya sebagai Hakim Ad Hoc Tindak Pidana Korupsi Tingkat Kasasi pada Mahkamah Agung, terhitung mulai tanggal 22 Juli 2021.
  18. Prof. Dr. H. Abdul Latif, S.H., M.Hum. dari jabatannya sebagai Hakim Ad Hoc Tindak Pidana Korupsi Tingkat Kasasi pada Mahkamah Agung, terhitung mulai tanggal 22 Juli 2021.
  19. H. Syamsul Rakan Chaniago, S.H., M.H. dari jabatannya sebagai Hakim Ad Hoc Tindak Pidana Korupsi Tingkat Kasasi pada Mahkamah Agung, terhitung mulai tanggal 22 Juli 2021.
  20. Bernard, S.H., M.M. dari jabatannya sebagai Hakim Ad Hoc Pengadilan Hubungan Industrial pada Mahkamah Agung, terhitung mulai tanggal 01 April 2016.
  21. Arsyad, S.H., M.H. dari jabatannya sebagai Hakim Ad Hoc Pengadilan Hubungan Industrial pada Mahkamah Agung, terhitung mulai tanggal 01 April 2016.
  22. H. Buyung Marizal, S.H. dari jabatannya sebagai Hakim Ad Hoc Pengadilan Hubungan Industrial pada Mahkamah Agung, terhitung mulai tanggal 19 Juli 2017.
  23. Dr. Artidjo Alkostar, S.H., LLM. dari jabatannya sebagai Ketua Kamar Pidana pada Mahkamah Agung, terhitung mulai tanggal 1 Juni 2018.
  24. H. Suhardjono, S.H., M.H. dari jabatannya sebagai Hakim Agung pada Mahkamah Agung, terhitung mulai tanggal 9 Oktober 2015.
  25. Dr. H. Abdurrahman, S.H., M.H. dari jabatannya sebagai Hakim Agung pada Mahkamah Agung, terhitung mulai tanggal 29 November 2017.
  26. Dr. H. Wahidin, S.H., M.H. dari jabatannya sebagai Hakim Agung pada Mahkamah Agung, terhitung mulai tanggal 3 Maret 2019.
  27. Mahdi Soroinda Nasution, S.H., M.Hum. dari jabatannya sebagai Hakim Agung pada Mahkamah Agung, terhitung mulai tanggal 1 April 2019.
  28. Dr. Margono, S.H., M.Hum., M.M. dari jabatannya sebagai Hakim Agung pada Mahkamah Agung, terhitung mulai tanggal 20 September 2019.
  29. Maruap Dohmatiga Pasaribu, S.H., M.Hum. dari jabatannya sebagai Hakim Agung pada Mahkamah Agung, terhitung mulai tanggal 25 Maret 2020.
  30. Prof. Dr. Drs. H. Dudu Duswara Machmudin, S.H., M.Hum. dari jabatannya sebagai Hakim Agung pada Mahkamah Agung, terhitung mulai tanggal 10 Desember 2020.
  31. Dr. Agus Yunianto, S.H., M.H. dari jabatannya sebagai Hakim Ad Hoc Tindak Pidana Korupsi pada Mahkamah Agung, terhitung mulai tanggal 1 Juni 2022.

ad 9

Acara wisuda purnabakti ini dihadiri diantaranya oleh Ketua Mahkamah Konstitusi, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non-Yudisial, para Ketua Kamar, Panitera Mahkamah Agung, Sekretaris Mahkamah Agung, Mantan Ketua MARI Prof. Dr. Bagir Manan, SH., MH, serta undangan lainnya serta dilsaksikan secara daring mereka yang tidak dapat hadir langsung dan para pimpinan pengadilan tingkat pertama pada empat lingkungan peradilan. Kegiatan ditutup dengan doa oleh Dr. Saiful, S.Ag., MH. Wakil Ketua PA Cikarang Hakim Angkatan II MARI.

“LM”

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Dataran Hunimoa

Jl. Ampera, Bula

Kab. Seram Bagian Timur

Telp: 0915-2211620
Fax: 0915-2211620

E-Mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Θ Lokasi Kantor

 Logo InstagramLogo Facebook

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama Dataran Hunimoa@2018

           Copyright by : IT PA Hunimoa