logo hunimoa      

Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Dataran Hunimoa. Website ini dibuat sebagai sarana untuk memberikan beragam informasi khususnya yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Pengadilan Agama Dataran Hunimoa.

Written by Ilham Ikhsanudin on . Hits: 115

“BANGKIT BERSAMA TEGAKKAN KEADILAN”

PERINGATAN HARI ULANG TAHUN MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA KE 77

PENGADILAN AGAMA DATARAN HUNIMOA

 MARI 1

Bula I www.pa-dataranhunimoa.go.id.

Jum’at, 19 Agustus 2022 Masehi bertepatan dengan tanggal 19 Muharram 1444 Hijriyah adalah hari yang spesial bagi aparatur Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan di bawahnya. Hal ini tidak lain karena pada setiap tanggal 19 Agustus diperingati sebagai hari ulang tahun Mahkamah Agung RI. Pada tahun 2022 ini Mahkamah Agung RI berusia 77 tahun sejak berdirinya Mahkamah Agung pada 19 Agustus 1945 sampai dengan saat ini. Pada tahun ini HUT Mahkamah Agung RI ke 77 bertemakan “Bangkit Bersama tegakkan keadilan”.

MARI 2

Sebagai warga Mahkamah Agung RI, maka Aparatur Pengadilan Agama Dataran Hunimoa diwajibkan untuk melaksanakan dan mengikuti Upacara Mahkamah Agung RI. Sebagaimana disampaikan dalam Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 1756/SEK/HM.01.2/8/2022 tanggal 1 Agustus 2022 perihal Peringatan HUT ke - 77 Mahkamah Agung RI yang ditujukan kepada Para Ketua/Kepala Pengadilan tingkat banding dan tingkat pertama disebutkan bahwa tema HUT ke 77 adalah “Bangkit Bersama tegakkan keadilan”. Upacara dilaksanakan pada hari Jum’at 19 Agustus 2022 pukul 08.00 Waktu setempat. Juga Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 1810A/SEK/HM.01.2/8/2022 tanggal 8 Agustus 2022 perihal Undangan disampaikan bahwa seluruh satuan kerja agar mengikuti rangkaian kegiatan peringatan HUT secara daring yang dimulai pukul 09.30 sd selesai terkait Peluncuran Aplikasi e-Prima dan e-Berpadu, Penyerahan Anugerah Peradilan, Pengumuman Duta Peradilan, Pemutaran Film “ Pesan Bermakna II” dan Sabtu tanggal 20 Agustus 2022 pukul 19.00 sd. 02.00 mengikuti live streaming Youtube Official Channel Mahkamah Agung RI dengan agenda Pergelaran Kesenian Wayang Kulit.

MARI E

Bertempat di Halaman Kantor Pengadilan Agama Dataran Hunimoa tepat pukul 08.00 WIT bersamaan dengan hidupnya listrik PLN di Bula yang sering mati upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke -77 Mahkamah Agung RI dimulai. Sebagai Pembina Upacara adalah Ketua Pengadilan Agama Dataran Hunimoa Lutfi Muslih, S.Ag., MA. Pemimpin upacara Ruslan Siolimbona, SP, Pembaca Visi dan Misi Mahkamah Agung RI Ardy Mulyadi, A.Md. Pembaca Doa Syamsul Arif Mony, SH. Dan Pembawa acara Sani Rumaf, SEI.

MARI 4

Sesuai Tata urutan Upacara HUT ke 77 MARI, pada tahap persiapan upacara bendera merah putih sudah berkibar, peserta telah menempati tempat yang telah disediakan. Pemimpin upacara memasuki lapangan upacara dan menempatkan diri di tempat yang telah disediakan serta mengambil alih komando. Pada tahap acara pendahuluan pembina upacara memasuki lapangan upacara dan menempatkan diri ditempat yang telah disediakan sedangkan pemimpin upacara menyiapkan barisan. Pada acara pokok penghormatan kepada pembina upacara, laporan pemimpin upacara, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan kemudian pembacaan naskah pancasila oleh pembina upacara diiukti oleh peserta upacara, dilanjut pembacaan visi dan misi MARI, dan kemudian amanat pembina upacara dengan membacakan amanat Ketua MARI. Selanjutnya pembacaan doa oleh petugas pembaca doa. Acara penutup adalah laporan pemimpin upacara dilanjutkan penghormatan kepada pembina upacara untuk kemudin pembina upacara meninggalkan lapangan upacara dan upacara selesai barisan dibubarkan. Pada kesempatan ini juga diselipkan penyerahan piagam penghargaan dari Mahkamah Agung dan Dirjen Badilag kepada aparatur dan Satuan kerja Pengadilan Agama Dataran Hunimoa.

MARI 5

Dalam Amanat Ketua Mahkamah Agung RI yang dibacakan oleh Ketua Pengadilan Agama Dataran Hunimoa disampaikan ucapan syukur atas limpahan rahmat dan karunia Allah SWT sehingga aparatur MARI dapat melaksanakan HUT MARI ke 77. Selama hampir tiga tahun pandemi covid 19 dapat diambil pelajaran agar kita menjadi manusia yang bersyukur, pentingnya saling kepedulian, saling membantu, saling tolong menolong dan saling berbagi. Tema “ Bangkit bersama, tegakkan keadilan, merupakan wujud kesadaran dan komitmen menata ulang kehidupan yang lebih baik, sekaligus momentum menyatukan kembali tekad dan semangat kebersamaan meraih cita-citabagi terwujudnya lembaga peradilan yang agung dan modern. Semangat kebangkitan dari pandemi dan segala hambatan yang merintangi upaya perubahan yang harus dimulai dari diri sendiri, yang kemudian meluas seiring kesadaran segenap aparat peradilan demi terwujudnya modernisasi peradilan.

MARI 6

Aparatur Peradilan menurut KMA harus merespon dengan cepat kemajuan teknologi agar tidak terlindas oleh kemajuan itu sendiri. Teknologi sperti medan magnet yang bisa menghisap dan mengendalikan semua bidang kehidupan, sehingga aparat harus dituntut responsif dan tanggap terhadap setiap perubahan yang terjadi agar mampu menjadi pengendali bukan malah menadji korban proses kemajuan zaman. Teknologi memegang peranan penting di segala bidang seperti ungkapan: “ Barang siapa yang menguasai teknologi, maka ia akan menguasai dunia”. Pilihan kita apakah menjadi bagian dari kemajuan teknologi atauakah terlindas oleh teknologi itu sendiri.

MARI 7

Telah terdapat beberapa inovasi aplikasi Mahkamah Agung yang menunjang kinerja aparatur dan pelayanan publik, seperti aplikasi e-BIMA, aplikasi e-SADEWA, aplikasi SISLITBANG. Dan bertepatan dengan peringatan HUT kali ini MARI melaunching dua aplikasi yaitu e-PRIMA untuk membantu proses pengadaan barang dan jasa pada unit kerja pengadaan barang dan jasa, serta e-BERPADU (elektronik Berkas Perkara Pidana Terpadu) yang membantu dalam penanganan perkara secara elektronik.

MARI 8

Mahkamah Agung dalam satu tahun terakhir juga telah meraih berbagai prestasi yang membanggakan untuk menjadi pemacu semangat agar dapat terus meningkatkan capaian dan prestasi yang telah diaraih untuk menjadi lebih baik lagi, diantaranya:

  1. Sepuluh kali berturut-turut mempertahankan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemerksa Keuangan RI.
  2. Menyelesaikan 100% tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan BPK. Sehingga MA menjadi parameter kementerian dn lembaga lainnya.
  3. Meraih BKN Award tahun 2022 sebagai peringkat pertama kategori penilaian kompetensi di bidang pengelolaan SDM.
  4. Penghargaan Merdeka Award Tahun 2022 kategori Program Inovasi untuk Negeri dari Media Merdeka.com

MARI 9

Bersamaan dengan HUT MARI dilakukan penyerahan secara simbolis penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya dan Dwi windu dan Sewindu sebagi bentuk apresiasi negara kepada para hakim serta aparatur MARI dan Badan Peradilan di bawahnya atas pengabdin menjalankan tugas. Juga pada tahun ini diberikan Anugerah Mahkamah Agung Tahun 2022 kepada pihak-pihak yang telah menunjukan prestasi di bidang penyelenggaraan peradilan dan pelayanan keterbukaan informasi publik untuk lima kategori yang dilaksanakan berdasarkan survei secara obyektif oleh Hukumonline yang didukung oleh Kenterian Investasi/BKPM dan Katadata atas kinerja selama satu tahun ke belakang sebagai pemicu semangat bagi aparatur peradilan dan advokat lainnya untuk meningkatkan kualitas pelayanan hukum sesuai bidang tugasnya masing-masing, yaitu:

  1. Anugerah dalam pelaksanaan dan pemanfaatan Gugatan Sederhana Terbaik.
  2. Anugerah dalam pelaksanaan dan pemanfaatan Peradilan Elektronik Terbaik.
  3. Anugerah dalam pelaksanaan mediasi Terbaik.
  4. Anugerah dalam pelaksanaan eksekusi Terbaik.
  5. Anugerah dalam pelaksanaan keterbukaan Informasi Terbaik.

MARI 10

              Untuk diketahui bahwa pada tahun 2022 ini aparatur Pengadilan Agama Dataran Hunimoa yang mendapatkan Penghargaan Dwi Windu dari Ketua Mahkamah Agung adalah Lutfi Muslih, S.Ag., MA. (Ketua) dan Guntur Amahoroe (Jurusita) sedangkan pada tahun ini untuk anugerah Mahkamah Agung RI Pengadilan Agama Dataran Hunimoa berhasil menambah koleksinya setelah tahun 2021 mendapatkan Anugerah Mahkamah Agung dalam pelaksanaan Mediasi Kategori Kelas II Pengadilan Agama dalam peringkat ketujuh. Tahun ini diperoleh Anugerah Mahkamah Agung dalam pelaksanaan Mediasi Kategori beban perkara >250 Pengadilan Agama peringkat Kedua. Serta untuk pertama kalinya mendapatkan Anugerah dalam pelaksanaan dan pemanfaatan Peradilan Elektronik Terbaik kategori beban perkara >250 Peradilan Agama.

MARI 11

Setelah pelaksanaan upacara selesai, dimana pada upacara tersebut diberikan juga secara simbolis Piagam Penghargan dari Dirjen Badilag untuk Penilaian SIPP triwulan pertama (Januari-Maret) Peringkat kedua, kemudian para pegawai PA Dataran Hunimoa berkumpul di Ruang Sidang untuk kemudian melakukan prosesi pembagian hadiah lomba, pemotongan Tumpeng dan Kue Ulang tahun Mahkamah Agung ke- 77.

MARI 12

Selamat buat Satuan Kerja dan Aparatur Pengadilan Agama Dataran Hunimoa atas prestasinya. ITA WOTU NUSA.

(LMS01)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Dataran Hunimoa

Jl. Ampera, Bula

Kab. Seram Bagian Timur

Telp: 0915-2211620
Fax: 0915-2211620

E-Mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Θ Lokasi Kantor

Sosial Media : 

facebook  instagram  youtube

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama Dataran Hunimoa@2018

           Copyright by : IT PA Hunimoa